PASSWORD MANAGER : Cara Alternatif Mengamankan Sandi

By Hilmy Bahy Hakim in Personal , 31-07-2023

Personal
Banyak orang yang memakai kata sandi lemah karena mereka tidak dapat atau tidak ingin mengingat banyak kata sandi yang berbeda. Orang-orang lebih memilih sesuatu yang sederhana serta mudah diingat seperti detail pribadi atau kata sandi yang biasa digunakan (12345) dan menggunakannya untuk beberapa akun. Namun, penggunakan kata sandi lemah untuk beberapa akun merupakan suatu hal bahaya. Peneliti dunia menyatakan bahwa 80% serangan peretasan (Hacking) disebabkan oleh kata sandi lemah. Para hacker, biasanya memiliki daftar kata sandi yang umum digunakan dan alat peretasan sederhana untuk menebak kata orang-orang. Lalu, bagaimana cara membuat kata sandi susah, namun masih bisa diingat? Password manajer adalah jawabannya.

Password manajer, merupakan sebuah alat yang mampu menyimpan dan mengingat kata sandi dari beberapa aplikasi secara bersamaan. Password manajer, membuat brankas terenkripsi yang menyimpan semua kata sandi dengan aman. Aplikasi ini dilindungi oleh sandi utama.  Password manajer ini di katakan aman, karena selain bisa menyimpan kata sandi untuk beberapa aplikasi, kita juga bisa membaginya secara privat dengan orang lain. Hal ini membuat kita bisa dengan aman menggunakan kata sandi panjang dan susah tanpa harus ketakutan untuk lupa dengan kata sandi yang digunakan.

Berikut beberapa aplikasi password manajer yang bisa di gunakan untuk mengamankan kata sandi anda:

1Password

Aplikasi ini memiliki proses pendaftaran yang mudah, dan password yang bisa di cetak jika kalian lupa kata kunci utamanya. Aplikasi ini bisa di gunakan untuk macOS, Windows, Linux, Android, dan iOS serta ekstensi Chrome yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi masuk secara otomatis di situs web dan menyimpan kata kunci baru di brankasnya.

Password manajer juga memungkinkan untuk berbagi kata sandi dengan pengguna lain. Pengguna juga bisa mengatur tanggal kedaluwarsa, jumlah tampilan maksimum, dan alamat email tertentu yang dapat mengakses kata sandi tersebut. 

1Password memiliki fitur watchtower yang memungkinkan untuk memantau password yang digunakan pada setiap aplikasi, password yang rentan dan akun yang berpotensi untuk disusupi. Aplikasi ini juga memiliki Travel Mode untuk keadaan khusus di mana perangkat ini mungkin jatuh ke tangan yang tidak diinginkan. Aplikasi yang kita tandai sebagai tidak aman untuk bepergian akan hilang dari 1password saat mengaktifkan Travel Mode dan muncul kembali saat kita mengaktifkan fitur dan terhubung kembali ke internet.

Kelebihan: Pembagian password yang fleksibel, fitur watchtower untuk memantau pemakaian password dan penyimpanan password untuk situs web, serta adanya MFA (multi-factor authentication) yang kuat.

Kekurangan: Tidak terdapat paket gratis, opsi impor terbatas.

Bitwarden

Bitwarden menawarkan berbagai fitur standar termasuk kemampuan untuk mengimpor data dari password manajer lain, membuat beberapa brankas, berbagi kata sandi dengan pengguna lain, dan menyinkronkan brankas di beberapa perangkat. Bitwarden ini memiliki aplikasi untuk semua sistem operasi utama, ekstensi untuk sembilan browser berbeda, dan halaman baris (command-line) untuk menulis skrip.

Bitwarden memiliki paket keluarga ($40 per tahun) untuk enam akun, kumpulan password bersama, dan penyimpanan terenkripsi bersama.

Bitwarden ini bersifat open source, dimana kita bisa menghostingnya di server kita sendiri jika diperlukan. Namun, untuk mendapatkan fitur lengkap, diperlukan lisensi premium.

Kelebihan: Paket gratis yang banyak isinya, harga kompetitif untuk paket premium dan keluarga, open source, bisa di hosting mandiri, ada MFA (multi-factor authentication), memilki fitur command-line

Kekurangan: Penyimpanan terbatas, MFA terbatas pada paket gratis.

 

Dashlane

Dashlane merupakan password manajer online yang menyediakan fitur dasar untuk menyimpan dan mengamankan kata sandi, termasuk membuat brankas, membuat kata sandi, mengisi formulir online, dan mengimpor data dari password manajer lain.

Aplikasi ini menyediakan paket gratis yang sangat terbatas yang hanya berfungsi di satu perangkat. Selanjutnya, kita harus membayar ($2,75 per bulan) untuk menambah perangkat dan menambahkan layanan yang memantau web, serta penyusupan password. Paket premium ($4,99 per bulan) berisi VPN dan layanan standart, serta paket keluarga ($7,49 per bulan) menyediakan 10 akun premium plus dasbor untuk mengelola akun dan sumber daya bersama.

Dashlane tidak memiliki aplikasi desktop dan semuanya dilakukan melalui portal web serta ekstensi browser. Namun, dashlane memiliki aplikasi seluler untuk Android dan iOS. Dashlane memungkinkan kita untuk berbagi kata sandi dengan pengguna Dashlane lain dan menetapkan batasan untuk jenis akses apa yang mereka miliki ke data milik kita. Fitur akses darurat Dashlane juga memungkinkan kita untuk menentukan kontak yang bisa mengambil alih kepemilikan akun kita jika kita kehilangan akses.

Kelebihan: Riwayat kata sandi, adanya VPN, pemantauan web, tidak ada aplikasi desktop, opsi akses darurat

Kekurangan: Paket gratisnya hanya terbatas pada satu perangkat, paket premiumnya mahal.

 

Keepass

KeePass merupakan aplikasi yang menyediakan banyak fungsi yang berguna untuk penyimpanan kata sandi profesional, tetapi dengan beberapa pengecualian penting. Keepas merupakan aplikasi yang bersifat offline, sehingga dia tidak memiliki fitur untuk mengambil kata sandi baru secara otomatis, menyinkronkan di beberapa perangkat, berbagi kata sandi, dan memindai web untuk akun yang disusupi. KeePass tidak menawarkan aplikasi web, ekstensi browser, atau dukungan untuk banyak platform. Keepas hanya tersedia dalam bentuk aplikasi Windows.

Di KeePass, kita bisa membuat database kata sandi untuk menyimpan kata sandi, catatan, dan dokumen. Basis data kata sandi ini dapat disalin ke perangkat lain, tetapi kita harus menyinkronkannya secara manual.

KeePass tidak memiliki dukungan untuk banyak jenis data, seperti info kartu kredit dan token API, secara default, tetapi kita bisa dapat menyesuaikan utilitas untuk mendukung berbagai jenis data. Meskipun aplikasi ini  bukan password manajer yang paling nyaman, namun keepas ini tetaplah pilihan yang layak untuk pengguna tingkat lanjut yang menginginkan kontrol penuh atas data mereka dan kemampuan untuk mengutak-atik perangkat lunak.

Kelebihan: Gratis, open source, kontrol penuh atas data sendiri, sangat dapat disesuaikan

Kekurangan: Tidak ada pengambilan kata sandi otomatis, fitur pengisian otomatis yang tidak nyaman.

Referensi 1
Referensi 2
Referensi 3
Referensi 4
Referensi 5

Back to Posts